TopLand - FAQ Page

FAQ

Sistem kami akan melakukan update informasi data lelang secara berkala, khususnya untuk jadwal lelang terdekat. Apabila objek lelang yang dicari belum tersedia, Anda dapat mengakses jadwal lelang paling dekat secara berkala untuk melihat penambahan atau perubahan data pada daftar objek lelang.

Setelah menemukan objek lelang yang dicari, Anda dipersilahkan melakukan registrasi di website portal.lelang.go.id / lelang.go.id (untuk lelang hak tanggungan) atau registrasi akun di website PT. Balai Lelang Star, selanjutnya masuk ke halaman, lalu mengikuti lelang pada jadwal lelang yang tertera di detail informasi objek lelang dengan melakukan bidding atau penawaran.

Anda dapat datang langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan fisik aset atau objek lelang lain secara langsung di lokasi lelang 3 hari sebelum lelang dimulai atau biasa disebut open house. Jika tidak sempat hadir ke lokasi, Anda juga bisa melihat detail kondisi objek lelang pada foto objek lelang pada setiap detail yang akan dilelang.

Untuk mengetahui kelengkapan dokumen aset atau objek lelang lain, kami menyediakan keterangan pada detail informasi objek lelang di website, dan juga pada daftar objek lelang yang disebut dengan daftar lot yang kami bagikan di lokasi lelang. Anda juga dapat datang langsung survey lokasi atau datang langsung untuk melihat salinan data yang kami sediakan di bagian informasi.

Pertama, Anda harus memiliki alamat email aktif untuk membuat akun yang akan digunakan untuk mengikuti lelang di STAR AUCTION. Selanjutnya, Anda wajib melengkapi beberapa data di halaman akun Anda untuk kelengkapan administrasi. Lebih mudah lengkapi data diri dengan mengupload/foto Kartu Identitas (KTP), NPWP, Nomor Rekening. Setelah itu, data Anda akan di verifikasi oleh tim dan Anda baru dapat melakukan penawaran harga pada objek lelang yang di inginkan.

Pemenang lelang akan diberikan informasi jumlah nominal rupiah yang harus dibayarkan pada pada webiste atau halaman dashboard peserta, disertai dengan nomor Virtual Account (VA) atas objek lelang yang dimenangkan dengan mekanisme satu objek mendapat satu nomor VA. VA akan dikirimkan via email, atau bisa dilihat pada menu daftar tagihan di webiste. Pemenang dapat melakukan pembayaran menggunakan nomor VA tersebut di bank BCA baik dengan metode setor tunai atau sistem online bank terkait.

Peserta diberikan waktu selama 5 hari kerja setelah hari lelang untuk melunasi aset atau objek lain yang dimenangkan. Jika melebihi waktu ini, pemenang dinyatakan wanprestasi (gugur) dan uang jaminan tidak bisa dikembalikan (hangus).

Informasi kapan tersedianya dokumen aset atau objek lelang lain sudah tertulis dalam keterangan daftar lot di lokasi lelang dan di halaman detail objek lelang di website KPKNL. Perhitungan hari ketersediaan dokumen aset dimulai setelah hari lelang. Untuk memudahkan pemenang, kami juga menyediakan layanan live chat yang sudah tersedia. Live Chat tersebut bisa digunakan untuk menanyakan informasi tersebut.

Kendaraan atau objek lelang lain yang dimenangkan dapat diambil setelah pemenang melakukan pelunasan. Setelah dana pelunasan aktif di rekening STAR AUCTION, pemenang akan mendapat notifikasi via email dan update status transaksi pada halaman akun peserta di website bahwa pembayaran sudah diterima dan kendaraan bisa diambil.